Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Obat Tradisional

Ternak Ayam Petelur > Blog > artikel > Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Obat Tradisional

Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Obat Tradisional

Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Obat Tradisional – Penyakit pada ayam tak banyak orang yang mengetahui. Ketika kita beternak ayam, pasti pernah mengalami ayam yang terserang penyakit, entah itu penyakit yang berat atau ringan saja. Yang pasti penyakit pada ayam akan menimbulkan resiko kematian jika dibiarkan begitu saja. Penyakit ayam yang biasa adalah cacingan. Anda bisa mengobati ayam dengan menggunakan obat traadisional.

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati ayam cacingan dan manfaat lainnya bisa anda baca pada artikel yang sebelumnya, yaitu manfaat bawang putih untuk ayam. Cara memberikan bawang putih sebagai obat cacing cukup mudah, yaitu haluskan bawang putih kemudian berikan pada ayam dipagi hari sebelum ayam diberi makan, dan berikan sampai ayam benar-benar terbebas dari cacing.

2. Buah pinang

Buah pinang juga dikenal sangat ampuh membasmi cacing pada ayam bahkan pada manusia sekalipun, yang perlu anda perhatikan adalah takarannya, jangan terlalu banyak memberikannya, karena jika kebanyakan bisa berbahaya. Cara memberikannya cukup mudah, yaitu pilih buah pinang yang masih muda, ambil buah saja, lalu tumbuk sampai halus, kemudian berikan pada ayam saat pagi hari sebelum ayam diberi makan, tunggu sekitar 10-15 menit, biasanya cacing akan keluar bersama kotoran.

3. Air Tembakau

Selain bawang putih dan buah pinang, ternyata air tembakau juga diyakini mampu membasmi cacing yang bersarang pada tubuh ayam. Caranya adalah siapkan tembakau murni, kemudian rendam dengan air panas, dan tunggu beberapa saat sampai airnya dingin, lalu minumkan pada ayam yang cacingan saat pagi hari sebelum ayam diberi makan, dan tunggu sekitar 30 menit sampai cacing keluar bersama kotoran.

4. Daun Pepaya

Manfaat daun papaya selain untuk meningkatkan nafsu makan adalah ternyata bisa juga untuk membasmi cacing pada ayam. Caranya yaitu cari daun pepaya secukupnya, lalu rajang atau potong-potong dengan pisau, kemudian berikan pada ayam, cara memberikannya bisa anda campur dengan pakan.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat