Kenali Kendala Dalam Ternak Ayam Petelur

Ternak Ayam Petelur > Blog > artikel > Kenali Kendala Dalam Ternak Ayam Petelur

Kenali Kendala Dalam Ternak Ayam Petelur

Kenali Kendala Dalam Ternak Ayam Petelur – Peternak ayam yang sudah populer dan sukses dengan ternaknya tentu saja pernah mengalami kendala yang harus dihadapi. Banyak kendala ketika beternak, seperti hewan ternak yang sakit, kandang ayam kurang bersih, hingga masalah pakan pada ayam. Namun belum semua peternak mengetahui kendala tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

  1. Kurang Persiapan

Meskipun masalah yang satu ini lebih mengarah pada peternaknya, tetapi kurangnya persiapan juga menjadi kendala dalam ternak ayam tersebut. Hal ini memang biasanya dilakukan oleh para pemula saat memulai sebuah usaha, yaitu persiapan yang kurang matang dan minimnya pengetahuan, serta hanya dengan modal nekat. Maka hasilnya pun tersendat.

  1. Rentan Stres

Ayam petelur rentan mengalami stres, dan pemicunya sangat banyak sekali. Biasanya memang gen-nya yang sudah stres, atau faktor lain karena gangguan predator seperti kucing, anjing sampai dengan ular. Tentu saja hal ini berpengaruh sekali pada kualitas dan hasil ternakan anda nantinya.

  1. Fluktuasi Harga Sarana Perawatan

Untuk permasalahan lainnya ketika Anda ternak ayam petelur adalah harga sarana perawatan yang tidak stabil atau sering berubah. Hal ini dikarenakan masih tergantung sama produk negara luar yaitu seperti DOC, vaksin, obat-obatan, serta pakan ayam petelur lainnya.

  1. Keuntungan yang Kecil

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa keuntungan dari bisnis atau usaha ternak ayam petelur terlalu minim. Adapun diketahui rata-ratanya yaitu sekitar 30% dari hasil produksi. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah ketatnya persaingan, yaitu berjamurnya usaha ternak ayam petelur disetiap daerah sehingga hal ini akan membuat harga telur terus menurun di pasaran.

  1. Harga Hasil Panen Tidak Stabil

Harga serta waktu jual hasil panen ayam petelur yang tidak stabil sering menjadi masalah utama dalam usaha ini, yaitu harga jual yang selalu berubah-ubah atau tergantung dari permintaan pasar. Misalnya yakni seperti momen di hari-hari besar, maka harga telur otomatis naik, tapi saat hari biasa harga telur akan kembali turun.

  1. Pencemaran Udara

Sudah bukan hal asing lagi apabila ternak ayam dalam jumlah besar mengundang bau tak sedap. Akhirnya bau ini akan terbawa arus angin sehingga menimbulkan pencemaran udara yang bisa saja mengganggu lingkungan sekitar.

  1. Seringkali Mati

Ayam petelur seringkali mati, baik di picu oleh penyakit atau kecelakaan. Akan tetapi dalam hal ini ayam yang mati lebih banyak di sebabkan oleh penyakit. Jika terjadi terus-menerus bukan tak mungkin lagi usaha anda akan gagal.

  1. Memakan Telurnya Sendiri

Terkadang masalah parah yang terjadi, indukan malah memakan telurnya sendiri. Untuk kasus yang satu ini tidak di ketahui apa penyebabnya. Untuk mencegah kejadian ini maka segera ambil telur dari sekitaran Induk dan pindahkan ke tempat tersendiri yang lebih aman dengan suhu hangat supaya dapat menetas dengan sempurna.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat