Ayam Anda Ngorok? Ini Penyebabnya

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Ayam Anda Ngorok? Ini Penyebabnya

Bagi Anda peternak ayam, pasti salah satu dari ayam Anda pasti ada yang ngorok. Ngorok ayam terlihat hal yang wajar. Tapi apakah benar ayam ngorok itu wajar? Yuk sebelum terlalu jauh membahas ngorok pada ayam wajar atau tidak, kenali dulu penyebab ayam ngorok.

AKIBAT NON INFEKSI

Akibat non infeski dari ngorok ini diantaranya karena Amoniak, suhu dan kelembapan

AMONIAK.

Beberapa peternak ada yang memberikan antibiotik untuk pencegahan penyakit karena berdasarkan petunjuk dari perusahaan. Akan tetapi, tanda disadari bahwa pemberian antibiotik ini mempunyai efek samping salah satunya adalah menyebabkan kotoran ayam  menjadi lebih encer. Kotoran yang encer ini juga disertai dengan makanan yang tidak tercerna. Hal ini sangat berpotensi menyebabkan tingginya kadar amoniak dalam kandang.

Selain antibiotik , Suhu yang tinggi dalam kandang juga akan meningkatkan konsumsi air minum ayam sehingga kotoran ayam menjadi lebih encer. Jika kondisi kelembaban udara dalam kandang cukup tinggi, maka kondisi litter pun akan menjadi basah dan memicu tingginya kadar amonia.

Selain pemberian antibiotik, suhu dan kelembaban, tingginya kadar amonia juga bisa dipicu oleh kadar protein ransum yang berlebih sehingga dibuang bersama feses, serta akibat sistem ventilasi yang kurang baik.

Amonia yang terhirup akan mengiritasi saluran pernapasan ayam, dan menyapu silia di mukosanya. Sel-sel yang ada di permukaan saluran pernapasan menjadi rusak, produksi lendir menjadi berlebih, gerakan silia terganggu bahkan tidak berfungsi. Amonia juga mengakibatkan iritasi pada konjungtiva mata, sehingga mekanisme awal pertahanan tubuh menjadi terganggu.

Jika organ pernapasan sudah rusak, maka bibit penyakit yang terbawa udara akan mudah sekali menempel di saluran pernapasan karena sistem pertahanan mekanik tidak berfungsi optimal. Di tempat ini agen tersebut akan berkembang biak, dan akhirnya menimbulkan kerusakan lebih parah. Adanya luka di saluran pernapasan inilah yang menyebabkan ayam ngorok dan batuk.

SUHU DAN KELEMBAPAN

Kondisi suhu dan kelembaban yang tidak sesuai bisa mengakibatkan gangguan fungsi sinus dan organ pernapasan lainnya. Suhu yang nyaman bagi ayam ialah 25-28ºC dengan kelembaban 60-70%. Saat kelembaban udara <50% akan mengakibatkan membran mukosa saluran pernapasan, termasuk sinus menjadi kering. Akibatnya aktivitas silia terhambat dan potensi masuknya partikel debu maupun bibit penyakit pun semakin besar.

 

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat