Begini Cara Atasi Ayam Stress

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Begini Cara Atasi Ayam Stress

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri -ciri ayam Petelur stress dan penyebabnya. Nah kesempatan kali ini mari kita bahas cara mengatasi ayam stress. Pembahasan kali ini juga tidak kalah penting, karena bisa ANda terapkan terhadap ayam Anda yang mengalami stress. Berikut adalah tipsnya 🙂

 

 

1. Lokasi

Lokasi tempat peternakan yang bising, atau suasana peternakan yang sering berganti juga dapat menimbulkan stress, sebab ayam harus beradaptasi terhadap suasana yang baru secara berulang kali, cara mengatasinya adalah memilih lokasi yang jauh dari sumber kebisingan dengan suasana yang stabil.

2. Bibit

Jika induk dari bibit yang anda beli kurang baik kualitasnya, biasanya akan menghasilkan keturunan yang cenderung mudah stress, Untuk mencegahnya adalah anda harus membeli anak ayam (DOC) dari penjual yang terpercaya.

3. Kandang

Keadaan kandang yang tidak sehat dapat menyebabkan ayam tidak nyaman sehingga dapat mengakibatkan stress, untuk mencegahnya adalah kandang harus selalu dibersihkan serta sirkulasi udara didalam kandang harus lancar.

4. Ransum

Untuk ransum yang diberikan pada ayam harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dengan jumlah ayam yang diternak, agar tidak mengakibatkan stress, Ransum buatan pabrik tentunya sudah teruji nilai gizinya yang sudah disesuaikan dengan umur dan jenis ayamnya.

5. Penyakit

Penyakit juga bisa menyebabkan stress atau juga sebaliknya, yaitu stress juga bisa menimbulkan penyakit, jadi usahakan untuk selalu memperhatikan lokasi, bibit, ransum, serta kebersihan kandang dan perawatan yang baik, agar ayam tidak mudah stress atau terserang penyakit.

Selain cara-cara diatas untuk mencegah terjadinya stress juga dapat dimulai dari bibit yaitu memberikan vaksin serta vitamin pada ayam sesuai dengan umur dan kebutuhan.

Pemberian vaksin serta vitamin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengembalikan ion tubuh akibat dehidrasi. Itulah cara mengatasi stress pada ayam boyler serta ayam petelur yang bisa saya sampaikan, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Mari belajar budidaya ternak, TERIMA KASIH.

 

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat