Begini Pakan Ayam yang Ayam Cepat Besar

HC Farm > Blog > artikel > Begini Pakan Ayam yang Ayam Cepat Besar

BEGINI PAKAN AYAM YANG CEPAT BESAR

Pakan Ayam – Bagi Anda peternak ayam, pakan apa yang sering kalian pakai? Bagaimana pertumbuhan ayam Anda? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana tips pakan ayam agar cepat besar. Tentunya ayam bertumbuh dengan cepat besar sangat diinginkan oleh semua peternak ayam bukan?

Cara membuat pakan alternatif untuk ayam kampung

Pohon talas

Pohon talas tersebar di Indonesia dan sudah pasti anda akan gampang mendapatkan bahan ini, gunakan umbi talas kemudian anda cingcang sampai halus, bagian batang dan daun juga bisa diberikan kepada ayam dengan cara yang sama yaitu mencingcangnya, yang tidak boleh diberikan adalah bagian akar pohon talasnya. Anda bisa mencampur umbi, batang dan daun talas untuk dijadikan pakan.

Beras dolog atau catu

Anda sudah pasti tahu tentang beras dolog atau catu beras jenis ini relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis beras pada umumnya, jika anda memberli beras ini tentu lebih murah dari pakan yang biasanya anda beli.

Dedak bekatul

Didapat dari pabrik penggiling beras, anda bisa membelinya disana. Dedak ada dua jenis yaitu yang halus dan yang kasar, anda bisa menggunakan dedak halus untuk pakan ayam namun dedak kasar juga bisa digunakan namun jangan terlalu banyak.

Tepung tulang

Tepung tulang bisa anda dapatkan ditoko perternakan terdekat, sebenarnya bahan ini tidak terlalu dibutuhkan, namun jika anda membuat pakan untuk ayam petelur anda harus menambahkannya. Tepung tulang kaya akan nutrisi untuk pakan, jadi sebaiknya anda tambahkan untuk memperkaya kandungan gizi untuk ayam.

Saya anggap anda sudah mengumpulkan beberapa bahan diatas, sekarang anda akan membuatnya. Ikuti cara dibawah ini :

Untuk takaran dan komposisi yang akan dibuat saya ambil contoh seberat 2 kg, anda perlu menambahkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan tepung tulang 1 sendok makan, jika untuk ayam jenis petelur anda bisa menambahkanya 1 – 2 sendok.

Alat :

1. Pisau cingacang
2. Talenan
3. Ember
4. Kompor
5. Drum

Cara :

1. Cingcang talas sampai halus atau kecil-kecil cukup 1 cm.
2. Masukan cingcangan pohon talas kedalam ember dan campurkan dengan beras dolog, dedak, dan tepung tulang.
3. Aduk hingga seemuanya merata.
4. Masukan air secukupnya.
5. Kemudian rebus semua bahan didalam drum.

Pastikan semua bahan hancur dan tercampur rata, saya membuatnya dengan jumlah besar jadi untuk merebus bahan pakan menggunakan drum bekas. Anda bisa merebus dengan apa aja yang penting bahan bisa direbus.

Setelah anda merebusnya, kemudian anda bisa tiriskan sampai pakan buatan anda dingin, pakan yang anda buat sekarang bisa diberikan kepada ayam pliharaan anda.

Manfaat dan keuntungan yang anda dapat dari pembuatan pakan buatan sendiri itu jauh lebih irit dan dapat meningkatkan produktifitas telur juga bisa menekan biaya pakan hingga 50 %, kandungan gizi yang tinggi dapat menaikan bobot ayam sehingga penjualan ayam bisa lebih terjamin.

Biasaya dalam waktu 7 hari ayam anda tidak mau memakannya, hal ini karena ayam anda belum terbiasa dengan pakan buatan kita. Namun lama kelamaan ayam peliharaan kita tentu terbiasa dan memakannya. Jadi anda tidak perlu lagi untuk memberli pakan yang harus menguras dompet anda. Kalo bisa hemat kenapa tidak pak.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat