Cara Atasi Ayam Pilih Agar Cepat Sembuh

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Cara Atasi Ayam Pilih Agar Cepat Sembuh

Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang gejala apa saja yang dialami ayam saat pilek. Nah, ayam pilek bisa diobati dengan dari jenis tradisional herbal yang mampu dibuat sendiri ataupun mempergunakan obat pilek khusus ayam yang dijajakan di toko obat. Akan tetapi, sebelum diobati ada baiknya Kamu mengkarantina ayam yang sakit yang dengannya ayam yang sehat. Letakan ia di sangkar yang berbeda supaya pilek tak menular pada ayam-ayam lain yang masih sehat.

  1. Obat Ayam Pilek Tradisional

Mengobati ayam pilek mempergunakan bahan tradisional tidak sedikit disarankan oleh para botoh tua. Beberapa bahan yang biasa dipakai antara lain kencur, jahe, serta gula batu. Dalam pembuatannya, ada 2 resep obat ayam pilek yang mampu Kamu coba.

Resep pertama dibuat yang dengannya mencampurkan 150 gr tepung beras, 100 gr kencur yang telah ditumbuk halus, serta 1 jempol jahe yang telah diparut. Kesemua bahan yang telah di sebutkan dicampurkan sampai-sampai merata lantas dibentuk menjadi pil yang dengannya ukuran sebesar biji jagung. Jemur pil herbal itu serta berikan dua kali sehari setiap pagi serta sore menjadi obat ayam pilek yang mujarab.

Resep obat ayam pilek selanjutnya dibuat yang dengannya merebus 5 jari jahe dalam seliter air. Campurkan 5 sendok makan gula merah lantas didihkan selama 20 menit. Air sari jahe ini mampu dicampurkan yang dengannya air minum ayam yang tengah pilek.

  1. Obat Ayam Pilek Kemasan

Pengobatan ayam bangkok yang pilek mempergunakan obat kemasan bisa di lakukan yang dengannya memberikan preparat sulfat, misalnya yang bermerk dagang sulfadimethoxine ataupun sulfathiazole. Selain itu, antibiotik semisal imequil, ultramycin, ataupun corivit pula efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pilek snot.

Adapun bila kondisi pilek pada ayam terlihat telah parah, Kamu pula mampu memberikan suntikan Sulfamix dosis rendah (0,4 cc/kg berat ayam) menjadi obat ayam pilek yang dengannya efek yang paling mujarab. Pemberian obat ini mampu memberikan efek samping semisal ayam menjadi lemas beberapa hari.

Nah, itulah pemaparan mengenai obat ayam pilek untuk bangkok petarung kesayangan Kamu. Menyadari bahwasanya mencegah lebih baik dari pada mengobati, kami sarankan Kamu untuk rutin melindungi kebersihan serta kelembaban sangkar ayam bangkok Kamu lebih-lebih tatkala musim pancaroba. Lakukan hal yang telah di sebutkan andai Kamu tidak ingin seluruh ayam di sangkar Kamu mati seluruh. Mudah-mudahan berguna.

 

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat