Cara Membedakan Anak Ayam Betina dan Anak Ayam Jantan

HC Farm > Blog > pusat telur ayam > Cara Membedakan Anak Ayam Betina dan Anak Ayam Jantan

Ketika ayam baru menetas, pastinya kita akan kesusahan mengetahui ayam tersebut jantan atau betina. Ketika ayam masih kecil atau baru saja menetas, ciri-ciri fisik yang menunjukkan ayam tersebut jantan atau betina belim terlalu bisa terlihat.

Cara membedakannya lumayan mudah, anda butuh ketelitian dan feeling yang bagus. Untuk pemula bisayan masih rada susah untuk membedakannya, tapi kalau yang sudah paham dengan trik ini, gampang kok membedakan kelamin anak ayam bangkok.

Berikut ini penjelas mengenai bagaimana membedakan kelamin anak ayam bangkok dengan cara melihat bentuk anus dan sifat yang di miliki ayam :

  1. Melihat langsung kelamin anak ayam

Cara ini bisa dikatakan ke akuratannya mencapai 90%, Karena kita dapat melihat langsung kelamin pada anak ayam tersebut. Kita cukup melihat bagian anus atau dubur nya, dengan membuka  menggunakan jari kita, jika di bagian lubang anus anak ayam tersebut terdapat bintik kecil yang memanjang bisa di pastikan itu ayam jantan, sedangkan jika kita melihat di bagian anus atau duburnya lebar dan tidak memiliki bintik kecil yang memanjang berarti itu ayam betina. Lakukan cara ini di tempat yang terang supaya bisa lebih jelas melihatnya.

Cara ini hanya dapat di lakukan ketika anak ayam berumur 1-5 hari, karena pada usia tersebut kelamin anak ayam masih dalam proses penyempurnaan.

  1. Melihat bentuk bulu yang dimiliki anak ayam

Cara Membedakan anak ayam jantan dan betina lewat bulu-bulunya

Kita juga dapat membedakan antara anak ayam jantan dan betina dengan cara melihat bulu pada anak ayam tersebut. Bulu-bulu yang di maksud adalah bulu-bulu yang terdapat pada sayapnya. Jika anak ayam tersebut memiliki bulu sayap yang panjang bisa di pastikan kalau itu ayam betina, sedangkan jika bulu sayapnya pendek berarti itu ayam jantan. Perbedaan sangat terlihat saat kita melihat gambar di bawah ini.

  1. Melihat sifat anak ayam

Jika kita kurang yakin dengan kedua cara diatas, maka kita juga dapat mempraktekkan cara berikut ini yaitu dengan cara melihat sifat anak ayam tersebut. Jika anak ayam ketika di pegang suka berontak berarti anak ayam tersebut  berjenis kelamin betina, jika anak ayam tersbut di pegang lalu diam saja (tidak berontak) berarti anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini :

  • Ketika anak ayam di pegang bagian kulit di lehernya, kemudian di tarik ke atas, maka anak ayam jenis kelamin betina akan berontak sedangkan jika anak ayam tidak berontak (diam), dapat di pastikan itu ayam jantan.
  • Cara selanjutnya adalah meletakkan anak ayam dengan terbalik di atas telapak tangan kita. Jika anak ayam tersebut berontak berarti berjenis kelamin betina, sedangkan jika diam berarrti jenis keminnya jantan.
  • Cara terakhir adalah dengan menggantung ayam dengan memegang kakinya. Jika saat anak ayam di pegang kakinya berontak dengan cara mengebaskan sayapnya berarti anak ayam jenis kelamin betina, begitu pun sebaliknya, jika anak ayam di gantung tidak berontak (diam) berarti itu anak ayam jenis kelamin jantan.

Itulah ketiga cara bagaimana mengetahui jenis kelamin pada anak usia 0-20 hari. cukup mudah kan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Salam sukse 🙂

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat