Cara Memelihara Ayam Kapas

HC Farm > Blog > artikel > Cara Memelihara Ayam Kapas

Cara Memelihara Ayam Kapas

Cara Memelihara Ayam KapasMemelihara ayam kapas adalah hal yang sedikit sulit, karena jenis ayam ini berbeda dengan jenis ayam yang lainnya. Ayam yang memiliki bulu seperti kapas ini terlihat lucu dengan bulu – bulu nya yang lembut dan halus. Bagi anda yang ingin memelihara ayam kapas tentunya wajib menyiapkan kandang dan lain sebagainya.

  1. Persiapan Kandang

Pemeliharaan ayam kapas hampir menyerupai ayam kampung, ada yang dikandangkan, dilepas atau kandang terbatas atau bahkan kandang khusus sebagai pajangan. Dalam Pembuatan kandang, pemelihara dapat membuat kandang dengan menggunakan material bamboo ataupu kayu. Karena ayam kapas dilihat keindahan pada bulunya, maka pemeliharaan harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah.Kotoran ayam atau sisa makanan yang menempel pada bulu akan mengurangi keindahan ayam kapas.

Usahakan dalam membuat kandang ukuran kandang dibuat agak luas agar ayam kapas tetap dapat beraktifitas dengan bebas. Kandang ayam kapas harus cukup mendapatkan sinar matahari, terutama pagi hari. Lebih bagus jika kandang menghadap timur sehingga matahari pagi bisa masuk ke kandang. Kandang harus selalu kering dan tidak lembab, sehingga ventilasi yang cukup penting untuk kesehatan ayam kapas.

   2. Kebersihan Kandang

Agar Ayam kapas dalam keadaan sehat dan bersih dalam pemeliharaan hewan, peternak maupun pemeliharaan harus selalu teliti dan cermat dalam menjaga kebersihan kandang. Bersihkan kandang secara teratur agar tidak ada virus dan bakteri yang bisa menyerang ayam dan ayam kapas dapat terhindar dari berbagai penyakit

   3. Pemberian Pakan 

Pakan yang diberikan tidak ada bedanya dengan ayam kampung. Pakan butiran (voer) diberikan pada masa anakan (fase starter) sampai umur 2 bulan, selanjutnya diberikan pakan kombinasi dedak, nasi, biji bijian seperti jagung,beras, gabah, kedelai.

Untuk ayam kapas yang masih berusia anakan berikan lampu pijar di dalam kandang ayam, agar ayam kapas mendapat kehangatan. Karena jika tidak diberikan kehangatan anakan ayam kapas akan mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah hal – hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam kapas :

  • Memilih bibit yang sehat
  • Sesuaikan pakan ayam kapas dengan umur ayam
  • Berikan vitamin pada ayam kapas secara teratur agar ayam tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang penyakit
TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat