Cara Memelihara Ayam Layer

HC Farm > Blog > artikel > Cara Memelihara Ayam Layer

Cara Memelihara Ayam Layer

Cara Memelihara Ayam Layer – Beternak ayam adalah hal yang sudah biasa aau sering dilakukan oleh seseorang. Merawat ayam merupakan hal yang sedikit sulit, karena perawatan kandang serta pakan ayam yang harus disesuaikan dengan ayam tersebut. Salah satu ayam yang dapat diternak adalah ayam layer.

Tips Merawat Ayam Layer

 

  1. Periksa kesehatan ayam setiap hari

Anda harus memeriksa kondisi kesehatan ayam petelur atau layer secara rutin setiap hari. Pada saat memeriksa pastikan juga Anda melakukan aktivitas meliputi pemberian makan, mengisi minum dan juga mengumpulkan telur. Lakukan juga observasi untuk memastikan bahwa ayam layer dalam keadaan sehat.

Ada beberapa tanda-tanda memburuknya kesehatan ayam yang wajib segera Anda tindak lanjuti. Tanda-tanda tersebut diantaranya adalah ayam seperti terengah-engah, matanya terlihat berkabut, hilang kewaspadaan dan terdapat kebotakan. Tidak hanya itu, Anda juga harus segera bertindak apabila ayam layer mengalami penurunan produksi telur, hilang nafsu makan dan juga minum.

  1. Sediakan air sepanjang waktu untuk ayam

Perbedaan ayam layer dan ayam broiler dari segi pemeliharaan dapat dilihat dari konsumsi airnya. Ketika memelihara ayam layer, maka Anda wajib memastikan ketersediaan air minum sepanjang waktu. Idealnya, Anda harus menyediakan 1 galon air untuk 3-4 ayam layer. Jadi, semakin banyak ayam petelur yang Anda miliki maka persediaan airnya juga harus disesuaikan dengan jumlahnya. Tidak hanya sekedar mengisi air, Anda juga harus menjaga kebersihan tempat minum ayam untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

  1. Mengumpulkan telur setiap hari

Dalam kondisi tidak stress seekor ayam layer mampu menghasilkan satu telur setiap harinya. Anda bisa mengumpulkan telur-telur tersebut pada waktu pagi maupun siang hari. Tujuannya adalah agar telur yang Anda peroleh masih dalam kondisi segar. Akan tetapi, apabila kondisi cuaca panas maka proses pengumpulan telur sebaiknya Anda lakukan dua kali sehari.

Saat melakukan proses pengumpulan telur, Anda dapat memisahkan ayam ke dalam keranjang atau kotak container. Hal ini perlu Anda lakukan agar ayam layer tidak mengalami stress pada saat dilakukannya pengumpulan telur. Kemudian, apabila telur yang Anda kumpulkan pecah maka segera bersihkan bekasnya agar kandang tetap bersih.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat