Cara Mengatasi Kutu Pada Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Cara Mengatasi Kutu Pada Ayam

CARA MENGATASI KUTU PADA AYAM

Cara Mengatasi Kutu Pada Ayam – Ternyata bukan cuman manusia yang mengalami kutuan loh, ayam juga akan mengalami kutuan juga. Kutu merupakan hewan kecil parasit pemakan atau penghisap darah. Kutu ini bisa disebut juga dengan hama. Langsung saja mari mengenal kutu ayam ini lebih jauh.

Kutu Pada Ayam

Bagi para peternak ayam masalah hama kutu merupakan masalah yang sangat merugikan karena dapat menyebabkan si ayam tersebut mati. Infeksi kutu dapat juga mempengaruhi komsumsi makanan yang menurun drastis sehingga menyebabkan penurunan berat badan si ayam, apabila anak ayam terserang kutu ini maka anak ayam tersebut akan mati.

Adapun jenis hama yang menggangu khusus induk ayam betina yang disebut dengan gurem. Gurem merupakan parasit yang sangat sering mengganggu induk ayam betina pada saat mengerami telur, sehingga besar kemungkinan telur tidak menetas.

Berikut beberapa gejala ayam yang terjangkit kutu/gurem :

  • Untuk awalnya ayam akan merasa gatal gatal pada bulu ekornya.
  • Kemudian rasa gatal itu berlanjut ke seluruh tubuh si ayam, kemudian sayap menjadi turun dan kondisi si ayam  menjadi lemas.
  • Gurem  biasanya menyerang induk ayam betina yang sedang mengerami telurnya tetapi besar kemungkinan ayam lain juga di serang  oleh gurem.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan kutu/gurem pada ayam :

  • Jerami  tempat untuk mengeram selalu barus dan sebelumnya harus di jemur di bawah sinar matahari.
  • Menyebarkan ranjang tembakau di kandang, dan juga bisa menggunakan air rendaman tembakau kemudian menyemprotkan  di sekitar kandang.
  • Dapat menggunakan kapur ajaib yang bisa kita haluskan kemudian kita taburkan pada bulu ayam dan di kandang.
  • Bisa juga menggunakan bengle ( sejenis jahe) yang di parut, dan kemudian airnya disemprotkan di tubuh yang  terkena kutu.
  • Atau bisa juga menggunakan oli bekas yang kita olehkan di tubuh ayam yang terkena kutu, dan kita juga bisa mengoleskan pada kandang secara merata.

Sekian Tips yang kami berika untuk mengatasi masalah kutu/gurem pada ayam aduan

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat