Cara Mengetahui Ayam Tidak Sehat

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Cara Mengetahui Ayam Tidak Sehat

Cara Mengetahui Ayam Tidak Sehat

Cara Mengetahui Ayam Tidak Sehat

Mungkin semua orang menyukai makanan ini. Iya, ayam merupakan makanan yang sangat digemari diberbagai kalangan. Akan tetapi terdapat juga orang yang tidak menyukai ayam. Nah, bagi Anda penyuka makan ayam, Anda harus ketahui juga antara ayam yang sehat dan yang tidak sehat. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Hati-hati jika ayammu mengalami perubahan warna

Suka Makan Ayam? Begini Lho 5 Cara Mendeteksi Ayam Busuk

Normalnya, ayam segar dagingnya berwarna pink kemerahan. Jika sudah tak segar, perlahan daging ayam akan berubah ke warna abu-abu. Daging ayam yang sudah busuk akan berwarna ungu gelap.

2. Kalau sudah mulai mengeluarkan bau aneh, segera buang

Suka Makan Ayam? Begini Lho 5 Cara Mendeteksi Ayam Busuk

Ada yang mengatakan ayam busuk mengeluarkan bau asam, tapi ada juga yang mengatakan ayam busuk berbau seperti amonia. Apapun itu, kamu harus segera membuang ayam yang sudah mengeluarkan bau aneh. Bau ini juga bisa kamu andalkan saat memilih ayam di pasar atau supermarket.

3. Pijat ayam itu untuk bisa merasakan teksturnya

Suka Makan Ayam? Begini Lho 5 Cara Mendeteksi Ayam Busuk

Jika membeli ayam di supermarket atau pasar, kamu harus berani memegangnya untuk merasakan tekstur ayam tersebut. Kamu akan merasakan lendir di ayam yang sudah busuk. Sedangkan tekstur daging akan segera kamu rasakan di ayam masih bagus.

4. Jika di supermarket, rasakan lapisan es yang berada di ayam tersebut

Suka Makan Ayam? Begini Lho 5 Cara Mendeteksi Ayam Busuk

Ayam yang dijual supermarket pasti akan disimpan di freezer. Jika seperti ini, perhatikan lapisan es di kulitnya. Lapisan es yang tebal menandakan ayam tersebut sudah lama disimpan, jadi tak segar lagi. Selain itu, perhatikan juga tanda-tanda freezer burn di daging ayam. Freezer burn biasanya membuat daging dan lemak ayam jika dipegang akan terasa seperti es serut.

5. Lalu bagaimana dengan ayam yang sudah dibeli tapi terlanjur lama disimpan di kulkas?

Suka Makan Ayam? Begini Lho 5 Cara Mendeteksi Ayam Busuk

Jika memang seperti itu kasusnya, meski di kulkas sendiri kamu tak bisa menganggap ayam itu baik-baik saja. Ingat, jika disimpan di rumah kamu harus memperhitungkan berapa kali kulkas dibuka-tutup, berapa kali kulkas itu mati, dan hal-hal simpel lainnya. Makin ribet bukan?

Cara paling gampang untuk menilai ayam segar di rumah adalah dengan menandainya. Setiap kali beli, selalu labeli tanggal di tempat penyimpanan ayam. Jika tanggal itu sudah lebih dari dua bulan, lebih baik ayam itu dibuang dan kamu beli yang baru. Gak mau kan mendadak sakit gak jelas?

Apapun daging mentahnya, lebih baik kamu membeli secukupnya dan langsung dimakan. Menyimpan daging mentah di kulkas itu tak baik. Selain ada kemungkinan busuk, daging mentah juga mengeluarkan bakteri yang bisa merusak bahan makanan lainnya di kulkasmu. Gak mau kan sakit mendadak padahal kamu gak makan bahan-bahan yang aneh?

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat