Cara Mengobati Kutil Pada Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Cara Mengobati Kutil Pada Ayam

Cara Mengobati Kutil Pada Ayam

Tips – Memelihara ayam tentunya mempunyai kendala, seperti ketika ayam terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang ayam adalah penyakit kutil. Kutil ini biasanya tumbuh di sekitar kepala atau badan ayam. Jika masalah itu dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kesehatan ayam. Berikut cara menanggulanginya.

1.Selalu bersihkan kandang dan jaga selalu kondisi kandang kering, karena kelembapan kandang yang berlebihan dapat memacu datangnya penyakit ini.

2.Tutup kandang dengan rapat pada malam hari, karena carier virus ini dibawa oleh nyamuk

3. Pisahkan segera jika ada yang mulai terjangkit, virus ini bisa menular dengan cara bersentuhan langsung.

4.Jika telah terlanjur terserang, olesi cacar dengan obat: Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (bisa pilih salah satu).Sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.

Sebenarnya virus itu tidak dapat mati dengan obat-obat  di atas, tapi yang berperan sangat penting adalah sistem imun anak ayam itu sendiri. Tak heran jika virus ini hanya muncul 1x saja dan tak muncul lagi setelah ayam sembuh.

Kebersihan kandang dan perawatan yang benar adalah solusi terbaik sebagai pencegahan, karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat