Cara Merawat Rontok Bulu Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Cara Merawat Rontok Bulu Ayam

CARA MERAWAT RONTOK BULU AYAM

Cara Merawat Rontok Bulu Ayam – Di artikel sebelumnya sudah kita bahas apa saja faktor dari bulu rontok pada ayam. Bagi Anda peternak ayam yang mengalami masalah ini, apa yang kalian lakukan? Nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana cara merawat rontok bulu ayam.

Walaupun rontok bulu ini bukanlah suatu penyakit tetapi memang kejadian ini akan terjadi secara alami pada Ayam Bangkok dan biasanya ayam yang akan beranjak dewasa akan mengalami rontok pada bulunya. Sebagian orang memberikan nama rontok bulu ayam dengan sebutan mabung, dimana ketika ayam petarung kita sedang rontok bulu yang kita lalukan tidak lah perlu khawatir. Yang perlu kita khawatirkan adalah ketika Ayam Bangkok aduan kita tidak mengalami rontok bulu/mabung karena rontok bulu ini memang harus terjadi agar si Ayam Bangkok bisa mengganti bulu lamanya.

Ayam Bangkok akan mengalami rontok bulu setiap tahunnya, dimana ayam yang mengalami rontok bulu memerlukan waktu yang tidak sebentar karena rontok bulu ayam memerlukan waktu hingga 4-5 bulan lamanya untuk ayam yang normal. Ketika Ayam Bangkok kita mengalami rontok bulu, sebaiknya jangan pernah kita adukan dengan ayam lainnya.

Mabung adalah waktu dimana ayam petarung harus mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak boleh melakukan segala sesuatu yang dapat membuatnya merasa stres, karena itulah pada ayam petarung mengalami mabung sebaiknya lakukanlah perlakuan yang istimewa dan sangatlah perlu memberikan asupan vitamin, mineral dan juga protein yang lebih tinggi daripada yang biasanya.

Tujuan kita memperlakukan secara khusus kepada Ayam Bangkok yang sedang mabung adalah untuk memenuhi kebutuhan ayam petarung dengan vitamin, mineral dan protein yang lebih dan pada saat Ayam Bangkok mengalami mabung, bukan berarti kita harus mengistirahatkan secara total si ayam.

Kita bisa tetap memberikan latihan kepada Ayam Bangkok yang sedang rontok bulunya, akan tetapi jangan memberikan latihan yang berat. Kita bisa memberikan latihan seperti latihan mengepakkan sayap serta memberikan latihan untuk melemaskan otot, dimana kita dapat melatih ayam tersebut sebanyak tiga kali sehari.

Yang perlu kita ingat adalah selama Ayam Bangkok mengalami mabung, jangan pernah menambah porsi latihan si ayam tersebut karena ayam masih lemah untuk melakukan latihan yang berat dan juga kita perlu memegang ayam kita dengan sangat hati hati agar ayam tidak mengalami kesakitan karena bulu ayam yang baru saja tumbuh ketika dipegang akan terasa sakit.

Dalam pemberian pakan kita juga harus memberikan pakan dengan tambahan asupan mineral dan juga protein dan pakan ini bisa disebut dengan pakan grower. Jangan pernah memberikan pakan dengan kualitas yang rendah karena akan mempengaruhi hasil anakan ayam nantinya.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat