Ciri – Ciri Ayam Stress dan Penyebabnya

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Ciri – Ciri Ayam Stress dan Penyebabnya

Stress tidak hanya terjadi pada manusia. Semua hewan akan mengalami kondisi dimana titik stress. Nah ketahuilah, ayam juga akan mengalami stress. Ayam stress akan berakibat fatal dengan ayam petelur. Ayam stress juga akan mengurangi produksi telur ayam. Untuk mengetahui ayam Anda stress atau tidak, berikut adalah beberapa ciri -ciri ayam stress.

Ciri-ciri ayam yang mengalami stress

– Ayam terlihat gelisah didalam kandang,
– Ayam sering membentangkan sayap,
– Ayam lebih banyak minum air untuk menurunkan suhu tubuhnya,
– Nafsu makannya menurun, yang dapat menghambat pertumbuhan,
– Bertambahnya kecepatan respirasi (pernapasan).

Jika ayam yang anda pelihara mengalami tanda-tanda seperti diatas, anda harus segera melakukan penanganan, apabila tidak segera ditangani dengan tepat, bisa berakibat pada lambatnya pertumbuhan serta hasil produksi menurun, bahkan tidak sedikit yang mengalami kematian.

Biasanya untuk pemula peternak ayam potong atau peternak ayam petelur akan kebingungan jika mengalami hal tersebut, Lalu bagaimana cara menangani ayam potong atau ayam petelur yang stress?

Untuk menangani ayam yang mengalami stress agar tidak mempengaruhi pertumbuhan serta produksinya adalah, anda harus tahu terlebih dahulu factor penyebab stress pada ayam tersebut.

Faktor-faktor penyebab ayam mengalami stress

– Perubahan cuaca secara tiba-tiba,
– Ayam mengalami kelelahan atau sedang sakit,
– Seringnya keluar masuk orang tidak dikenal,
– Adanya suara kegaduhan atau kebisingan yang ada disekitar lokasi,
– Perawatan yang salah, seperti perubahan ransum/air minum secara tiba-tiba,
– Luas kandang dengan jumlah unggas yang dipelihara tidak seimbang, dll.

 

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat