Ciri – Ciri Telur Busuk

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Ciri – Ciri Telur Busuk

Ciri - Ciri Telur Busuk

Ciri – Ciri Telur Busuk

Posisi kuning telur

Ciri-ciri khusus telur busuk bisa dilihat dari posisi kuning telur.

“Ciri-cirinya kalau telur busuk itu saat dibelah, posisi kuning telurnya tidak berada di tengah, dan agak kepinggir. Kalau kita kupas kulitnya lalu terlihat kuningnya itu bisa dipastikan busuk,” katanya, Rabu (08/06/2016) kemarin.

Aroma

Selain dari letak kuning telur, yang membedakan telur normal dengan telur busuk adalah aromanya. Dari aromanya saja sudah ketahuan kalau yang berbau menyengat itu merupakan telur busuk.

Diberitakan, ribuan telur busuk matang disita petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor dari pasar Lawang Seketeng, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Namun, pada telur yang disita, lalat pun hinggap di telur tersebut.

Sinaga mengatakan bahwa sebanyak 3.000 butir telur busuk ini diamankan dari sebuah mobil pikap yang terparkir di area pasar.

“Kami melihat pikap mencurigakan, kok bagian belakangnya ditutup rapi sekali dan terpalnya dilapis dua. Akhirnya kita minta sopir untuk membuka dan benar saja kita temukan telur busuk,” kata Mangahit.

Pemilik telur busuk tersebut berinisial ED turut diamankan untuk dimintai keterangan.

Kepada petugas ED mengaku tempat pengolahan telur tersebut di Kecamatan Cimande, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ribuan telur busuk tersebut rencananya akan dikirim ke penggilingan bakso untuk dicampur dengan daging sapi.

Harga jual satu butir telur busuk ini hanya Rp 1.500 per butir.

Selain untuk bakso, rupanya telur busuk ini juga digunakan untuk siomay, isian cumi, campuran kuah makanan.

“Telur busuk ini merupakan telur yang gagal menetas dan sudah mati. Sehingga mengandung virus dan mereka langsung rebus,” ujarnya

Mengonsumsi telur busuk ini juga sangat berisiko terhadap kesehatan.

“Jangka pendeknya mengonsumsi telur busuk ini bisa menyebabkan kulit gatal, batuk, panas dan demam. Sementara jangka panjangnya bisa kanker usus,” tuturnya sebagaimana dilansir TribunNews.

“Biasanya yang beli itu pedagang bakso, lalu pedagang warteg juga beli, biasanya untuk siomay, isian cumi dan campuran kuah kuning,” pungkasnya.

Tips tambahan

Pecahkan telur ke piring, lihat penampilan fisiknya.

Telur segar akan memiliki kuning telur yang berwarna kuning cerah dan bentuknya membulat.

Putih telur akan membentuk lapisan tebal di sekitar kuning telur. Semakin lama usia telur, putih telur akan menjadi lebih cair dan kuning telur berwarna kuning pucat serta makin datar.

Masukkan telur ke dalam air dengan sendok makan.
Telur yang masih segar akan tenggelam di bagian bawah gelas.

Telur yang sudah lama akan sedikit terangkat dari dasar gelas, sedangkan telur yang busuk akan mengapung. Bila telur sudah mengapung, segera buang karena tidak layak untuk dikonsumsi.

Keringkan setiap telur dengan handuk kertas/tissu setelah pengujian di air dalam gelas.

Kembalikan telur segar ke dalam kemasan karton dan pisahkan telur yang telah lama namun masih bisa digunakan ke dalam kemasan karton yang lain.

Kemudian beri tanda pada masing-masing kemasan karton. Usahakan untuk menggunakan telur yang sudah berusia lama terlebih dahulu.

Periksa telur dengan cahaya lilin atau lampu baca

Ini untuk memeriksa setiap retakan cangkang telur atau adanya noda di dalam telur.

Putar telur dan lihat bayangan kuning telur. Pada telur yang masih segar, kuning telur akan tetap di tempat, namun akan bergerak bila telur sudah lebih tua.

 

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat