Jenis Ayam Hias

HC Farm > Blog > artikel > Jenis Ayam Hias

Jenis Ayam Hias

Jenis Ayam Hias – Ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan dan keindahan sendiri pada anggota tubuhnya yang membuatnya terkesan menarik saat dilihat. Ayam hias sendiri ada macam-macam jenisnya yang tersebar diberbagai negara di dunia. Dengan karakter dan ciri khas masing-masing sehingga setiap jenisnya memiliki keunikan dan keindahan yang dapat menarik perhatian orang untuk memeliharanya.

Ayam yang dikategorikan sebagai ayam hias biasanya memiliki keunikan pada anggota tubuhnya seperti suara, postur tubuh, warna dan bulunya. Ayam hias yang unik karena suaranya adalah Ayam Pelung dan Ayam Ketawa, sementara untuk postur keindahan tubuhnya seperti Ayam Serama dan Ayam Brahma, warna hitam yang eksotik seperti Ayam Cemani sedangkan dari bulu yang unik yaitu Ayam Kapas.

Apa saja jenis ayam hias yang unik untuk dipelihara?

Berikut jenis ayam hias yang unik untuk dipelihara :

1. Ayam Cemani

Ayam Cemani adalah salah satu ayam asli yang berasal dari Indonesia. Ayam ini memiliki ciri khas warnanya yang hitam, mulai dari bulu, kulit, dubur sampai kaki sehingga terlihat eksotik saat dipandang. Begitu juga dengan harganya yang cukup mahal. Meskipun warnanya hitam, daging ayam cemani tetap bisa dikonsumsi meskipun ada sebagian orang yang merasa aneh jika ingin mencoba mengkonsumsinya.

"<yoastmark

2. Ayam Kapas

Ayam Silkie atau yang biasa disebut dengan Ayam Kapas memang  cukup populer di Indonesia, hal ini dikarenakan bulunya yang sangat unik menyerupai kapas. Konon ayam ini berasal dari negara Cina. Bulunya yang mengembang berdiri sehingga dari kejauhan tampak besar membuat cantik ayam kapas ini. Warna bulu yang dominan adalah putih, dibelakang jengger terdapat jambul yang tumbuh mengarah ke belakang. Bulunya yang mirip seperti kapas ini berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat saat berada di iklim yang ekstrim di Cina. Keunikan lainnya yaitu jari kakinya yang berjumlah 5 buah berbeda dari ayam pada umumnya yang jari kakinya berjumlah 4 buah.

"<yoastmark

3. Ayam Pelung

Ayam Pelung ini berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam ini memiliki tubuh yang besar dan tegap saat berdiri, sehingga tembolok akan terlihat menonjol. Ayam Pelung memiliki kaki yang panjang dan kuat dengan paha yang tebal. Memang Ayam ini tergolong ayam kampung akan tetapi terdapat perbedaan dari ukuran jengger dan badannya yang besar. Salah satu ciri khas dari ayam pelung yang paling istimewa dan unik  adalah suara kokoknya yang merdu dan panjang mengalun, bahkan saat berkokok lehernya bisa sampai menyentuh tanah.

"<yoastmark

4. Ayam Batik

Ayam Sebright atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ayam Batik merupakan ayam yang berasal dari Inggris. Salah satu yang menjadi ciri khas dari ayam batik adalah bulunya. Bulunya memiliki motif seperti batik, warna bulunya berukir-ukir seperti bersisi yang terlihat jelas dan rapih. Ayam Batik sendiri memiliki dua jenis untuk warna dasar coklat kemerahan yaitu Ayam Batik Kanada sementara untuk warna dasar putih perak yaitu Ayam Batik Itali.

"<yoastmark

5. Ayam Poland

Meskipun memiliki nama Poland, ayam ini bukan berasal dari negara Polandia melainkan dari negara Belanda. Ayam Poland biasa disebut dengan ayam tanduk, ayam jambul maupun ayam mahkota karena memang pada bagian belakang jengger terdapat bulu yang lebat hampir menutupi mata, jadi jika Anda lihat dari jarak yang jauh mata poland seperti tertutup oleh jambulnya.

"<yoastmark

6. Ayam Onagadori

Ayam Onagadori atau yang biasa disebut dengan ayam berekor panjang ini merupakan ayam hias yang berasal dari negara Jepang. Di Negaranya ekor ayam ini bisa mencapai 15 meter. Sementara di Indonesia dengan perawatan yang baik ekor ayam ini hanya bisa mencapai 1,5 meter saja. Nama Onagadori berasal dari “o” artinya ekor , “naga” berarti panjang dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara bahasa Jepang berarti unggas dengan ekor yang panjang.

"<yoastmark

7. Ayam Serama

Ayam Serama merupakan jenis ayam yang memiliki postur tubuh terkecil di dunia yang berasal dari negeri Jiran Malaysia. Salah satu ciri khas Ayam Serama adalah dadanya yang tegap, jadi meskipun postur tubuhnya kecil ayam ini terlihat gagah. Karena keunikan ayam ini, di Indonesia sering diadakan kontes Ayam Serama.

"<yoastmark

8. Ayam Kalkun

Ayam Kalkun merupakan salah satu ayam hias yang memiliki berbagai jenis seperti Kalkun Bronze, Kalkun Golden Palm, Kalkun Royal Palm, Kalkun Bourbon Red, Kalkun Black Spanish, Kalkun Self, Kalkun White Holland dll. Sebenarnya dinegara asalnya berbagai jenis Kalkun tersebut biasa dipelihara sebagai kalkun konsumsi, namun keindahan bulu dan postur tubuhnya yang besar ayam ini diberbagai negara di dunia biasa dijadikan sebagai ayam hias.

Kalkun Royal Palm Dewasa Jantan

 

9. Ayam Ketawa

Ayam Ketawa merupakan ayam yang unik, hal ini dikarenakan suara kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa. Ayam ini berasal dari Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Dari bentuk, postur tubuh, tingkah laku memang sama dengan ayam kampung biasa, yang membedakan hanya dibagian kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa.

Ada 3 jenis suara kokok Ayam Ketawa yaitu: gretek, gaga dan gogo.

"<yoastmark

10. Ayam Mutiara

Ayam Mutiara berasal dari daratan Afrika biasa hidup bergerombol di sabana dan semak-semak. Ayam hias ini termasuk keluarga burung (aves) yang bisa terbang tinggi, meskipun begitu ayam ini bisa kembali lagi ke tempat tinggalnya. Sifat Ayam ini tidak pandai dalam mengerami telurnya, Ayam Mutiara yang hidup didaerah asalnya biasa mengeramkan telurnya dengan menutupinya dengan menggunakan ranting-ranting pohon dan dedaunan jadi dengan sendirinya telur akan tetap hangat dan kemudian akan menetas. Ayam Mutiara akan bertelur saat musim hujan saja tetapi dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 50-100 butir.

"<yoastmark
TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat