Jenis Ayam Petelur Terbaik

HC Farm > Blog > pusat telur ayam > Jenis Ayam Petelur Terbaik

JENIS AYAM PETELUR TERBAIK

Jenis Ayam Petelur Terbaik – Apa yang kamu ketahui tentang ayam petelur? Baik kita bahas terlebih dahulu apa ayam petelur terlebih dahulu. Ayam petelur adalah ayam yang dihasilan melalui perkawinan silang dari berbagai jenis genetik ayam yang ada di dunia atau ayam impor. Nah, meninggalkan pengertian ayam petelur, ayam petelur ini memiliki jenis-jenis ayam petelur terbaik. Apa saja?

Jenis ayam Petelur Terbaik

Berikut ini adalah beberapa jenis ayam petelur terbaik :

Ayam Plymouth Rock (Barred Rock)

AyamPlymouth Rock sangat cocok untuk orang yang baru belajar bebisnis ayam petelur, Mengapa demikian ?? karena ayam Plymouth Rock cendrerung lebih mudah untuk dipelihara, Ayam Plymouth Rock juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Seekor Ayam Plymouth Rock mampu bertelur 200 butir telur pertahunnya. Tetapi, Telur ayam Plymouth Rock lebih kecil dari jenis ayam yang lain. ayam Plymouth rock memiliki bulu yang lebih didominasi warna abu-abu dengan garis-garis putih di seluruh tubuhnya.

Ayam Petelur Putih ( White Leghorn )

5 jenis ayam ras petelur (ayam leghorn)
Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, Kenapa disebut ayam petelur putih?? Karena ayam ras petelur ini memang bulunya berwarna putih bersih dan telur yang dihasilkannya pun juga berwarna putih bersih, tetapi jengger ayam ras ini berwarna merah. Ayam ras petelur ini dikategorikan sebagai ayam ras petelur ringan karena bentuk tubuhnya yang sangat ramping dan tampak kurus, ayam ras ini hanya di tujukan untuk bertelur saja tidak untuk memproduksi daging. Selain itu Ayam ras petelur ini bisa menghasilkan telur lebih dari 260 butir per tahunnya.

Kekurangan ayam ras White Leghorn

Kelemahan ayam Ras jenis ini yaitu sangat sensitif terhadap cuaca panas dan keributan yang membuat ayam ras ini mudah terkejut sehingga bisa berdampak pada jumlah produksi telurnya yang menurun. Nenek moyang ayam Ras jenis ini atau Galur murni yaitu White Leghorns asal Tuscany, Italia tengah. Yang merupakan ayam petelur yang sangat aktif dan efisien yang bisa menghasilkan 280 butir telur pertahunnya.
Berikut ini adalah contoh strain ayam petelur putih yang dikenal umum antara yaitu: Hisex White, Hubbarb Leghorn, Ross White, Babcock B 300, Dekalb XI-Link, H & W Nick dan Shaver S 288. Tapi strain Hisex White merupakan salah satu penghasil telur terbanyak yaitu bisa mencapai 288 butir pertahun dengan berat telur sekitar 62 gr.

Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid )

5 jenis ayam ras petelur (ayam coklat)
Warna bulu Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid ) yaitu berwarna coklat dan telur yang dihasilkannya pun juga berwarna kecoklatan. Bobot ayam ras petelur ini cukup berat bisa mencapai 2 kg, Meskipun tidak seberat ayam pedaging (broiler) tapi dagingnya bisa juga kita jual dan rasa daging ayam ras petelur ini lebih enak jika kita bandingkan dengan daging ayam pedaging (broiler). Itu sebabnya ayam ras petelur ini juga termasuk dalam tipe dwiguna yaitu penghasil telur dan daging.
Ayam ras petelur ini sifatnya lebih tenang dan juga tidak mudah kaget/ terkejut, selain itu ukuran telur yang di hasilkannya juga lebih besar dari pada ayam petelur putih, sehingga menjadikan harga telur coklat lebih mahal.
Berikut ini adalah contoh strain ayam ras petelur coklat yang dikenal umum, diantaranya yaitu: Hubbarb Golden Cornet, Roos Brown, Babcock B 380, Hisex Brown dan Shaver Star Cross. Tapi ukuran telur terbesar yaitu dari strain Babcock B 380 dengan beratnya bisa mencapai 64 gr dan ayam ras ini mampu menghasilkan sekitar 260 hingga 275 butir telur pertahun.

Ayam Ras Rhode Island Red

Ayam Ras Rhode Island Red (ayam ras petelur)
Ayam Rhode Island Red ini berasal dari negara Amerika serikat, ayam Rhode Island Red biasa di ternak atau di pelihara untuk kebutuhan telur dan daging. Ayam Rhode Island Red merupakan salah satu keturunan ayam yang cukup terkenal kuat akan kondisi ekstrim dan ayam ini mampu memproduksi telur yang relatif banyak, total telur yang mampu ayam ini produksi yaitu 250 telur perekor ayam.
Bertentangan dengan nama mereka, Ayam ras petelur Rhode Island Reds memiliki bulu yang berwarna coklat dan hitam sehingga ayam ini memiliki penampilan yang sedikit gelap. Ayam ras petelur jenis ini terkenal ayam tangguh, ayam Rhode Island Red juga ramah terlebih lagi dengan para penggurus kandang mereka.

Ayam Ras Petelur (Sussex)

Seperti Ayam Ras Rhode Island Red, tujuan orang-orang memelihara ayam Sussex ini yaitu salah satunya untuk mendapatkan telur dan daging. Seekor ayam Sussex  mampu bertelur sekitar 250 telur per tahunnya. Warna telur ayam sussex akan bervariasi dari coklat sampai warna putih krem.
Ayam Sussex ini memiliki delapan warna yang berbeda, tapi yang paling umum sering kita temukan yaitu tubuh putih murni dengan bulu leher dan ekor berwarna hitam. Ayam ras petelur ini merupakan ayam yang sangat tenang, Ayam sussex dapat mencari makanan di taman tanpa merusaknya! Kalau kita menginginkan ayam peliharaan jinak yang akan makan dari tangan ayam Sussex merupakan pilihan yang sangat tepat.
Itulah 5 jenis ayam ras petelur yang dihasilkan dari perkawinan silang yang sangat cocok untuk di ternakkan, karena ayam-ayam ras ini mampu menghasilkan telur yang relatif banyak
TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat