Jenis Jengger Ayam dan Fungsinya

HC Farm > Blog > pusat telur ayam > Jenis Jengger Ayam dan Fungsinya

Jengger ayam , pasti kalian pernah melihat jengger ayam pada ayam jago. Sebenarnya apa tujuan jengger pada ayam? Sebenarnya belum ada yang menjelaskan dengan jelas apa fungsi sepenuhnya tentang jengger ayam. Tahukan Anda, jengger pada ayam terdapat berbagai maam. Apa saja? Berikut adalah ulasannya :
Banyak teori juga yang menyebut jengger adalah tanda pecking order yang tinggi dan untuk daya tarik  , meskipun hal ini belumterbukti . Ukuran jengger dan warna juga dipengaruhi oleh hormon seks ayam tersebut juga kesehatn ayam tapi pada jenis jengger hutam silkie,cemani hal ini masih diteliti.

Jengger ungu atau gelap dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan ( kecuali pada jenis seperti silkie cemani dll , di mana jengger ungu dan hitam adalah normal ) . Pada ayam betina , jengger dapat dihubungkan ke produksi telur .Misalnya, jengger ayam betina yang sudah tua makin lama akan terkulai dan produksi telur merosot.

Jengger ayam ada berbagai model dan sekarang telah banyak sekali jenis jengger.

dahulu nenek moyang ayam red junglefowl  memiliki jengger single dan berkembang karena di kawinkan dengan ayam hutan merah di negara lain, dimana di negara yang makin panas ayam hutan merah di negara itu makin besar jenggernya. dan membentuk jengger baru karena adaptasi dan evolusi.

Jengger di Indonesia sendiri ada yang sangat unik yaitu pada yam bekisar ditemui jengger pisau karena merupakan keturunan dari ayam merah dan ayam hutan hijau yang dikawinkan. Jengger ayam di indonesia antara lain:

Jengger pada ayam kampung indonesia adalah jengger normal atau single comb.

Pada ayam Malay(Bangkok) adalah jenis strawberry, pada ayam jambul adalahnya jenis tanduk atau v comb, pada ayam batik atau sebright adalah jenis rose atau jengger mawar, pada silkie jenis silie comb tapi silkie di indonesia berkembang ke single karena cuaca dan kawin silang. Ayam lain mungki ditemukan jengger baru tapi jika dihasilkan anak berbeda lagi tidak dapat diakui sebagai varietas ayam baru.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat