Jenis Penyakit Pada Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Jenis Penyakit Pada Ayam

sumber : okdogi.com

JENIS PENYAKIT PADA AYAM

Ternak Ayam Petelur Klaten – Ayam termasuk ke dalam hewan unggas. Beberapa jenis ayam yang terdapat di dunia. Tiap jenis ayam pun mempunyai penyakit yang berbeda dan juga cara penanganannya yang berbeda. Akan tetapi alangkah baiknya kita mengetahui beberapa Cara Mengobati Ayam Sakit dan Jenis Penyakitnyakarena dengan kita tau cara menanganinya setidaknya kita bisa mengantisipasinya ataupun mengobatinya sendiri. Berikut adalah beberapa penyakit pada ayam :

  • Marek

Penyakit jenis ini biasanya disebabkan oleh virus tipe DNA yang tergolong herpes tipe B. Menjangkit ayam yang berumur 3-10 minggu dengan ciri-ciri seperti tubuhnya kurus dari ayam lainnya, pucat, lemas,sulit berjalan, mata buta serta terdapat benjolan semacam tumor dibawah kulit.

  • Gumoro (Infectious Bursal Disease)

Berasal dari virus genus Avibirnavirus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ayam. Jadi virus ini tidak terlalu berbahaya dan meyebabkan kematian akan tetapi karena menyerang sistem imun ayam , sehingga ayam akan terkena banyak penyakit yang menyebabkan kematian. Penyebaran virus ini biasanya tersebar melalui kontak langsung, air minum, pakan, peralatan dan udara yang sudah tercemar virus ini.

  • Tetelo (ND)

Penyakit ini jenis ini adalah penyakit yang paling di takuti oleh para peternak ayam karena ,  tingkat kematian yang tinggi akibat virus/penyakit ini.  Penyakit ini adalah suatu infeksi yang disebabkan virus Paramyxo. Penyakit ini termasuk penyakit yang  ganas karena penyebarannya sangat cepat bisa menyebar 3-4 hari . Ciri-ciri ayam yang terkena tetelo: ayam terlihat lesu, nafsu makan berkurang, produksi telur menurun, gangguan saluran pernapasan, batuk, mulut berlendir, kotoran encer berwarna kehijau-hijauan, jengger dan kepala kebiru-biruan, kornea keruh, kelumpuhan dan kejang-kejang hingga kepala terpuntir ke belakang.

  • Cacingan

Penyakit jenis ini  merupakan penyakit serangan cacing yang menyerang biasanya cacing gilig dan cacing pita. Cacing gilig biasanya menyerang anak ayam sedangkan cacing pita menyerang ayam yang sudah dewasa. penyakit ini lebih sering penularannya ketika musim penghujan datang. Ciri-ciri ayam cacingan: nafsu makan berkurang, pertumbuhan terhambat / jadi lambat, tubuh ayam menjadi kurus, kurang aktif / lemas, bulu tampak kusam dan kotoran encer / diare yang berlendir berwarna agak putih dan kadang juga berdarah.

  • Kolera

Penyakit jenis ini biasanya disebabkan oleh bakteri Pasteurella gallinarum atau Pasteurella multocida yang sering menyerang ayam ras petelur dan ayam broiler. Penyakit ini bersifat kronis dengan gejala awal berupa penurunan produktivitas hingga kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat