Kelebihan dan Kekurangan Ayam Petelur

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Kelebihan dan Kekurangan Ayam Petelur

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Petelur

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Petelur

 
 
Seperti yang kita tahu, ayam memiliki berbagai jenis. Salah satunya adalah ayam petelur. Nah membahas tentang ayam petelur, ayam petelur memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ayam petelur. Selamat membaca 🙂
1. Kelebihan Ayam Ras Petelur
 
Ayam petelur memiliki sifat-sifat unggul seperti berikut.
  1. Laju pertumbuhan ayam ras petelur sangat pesat. Pada umur 4,5-5,0 bulan telah mencapai kedewasaan kelamin, dengan bobot badan antara 1,6-1,7 kg. Pada waktu itu, sebagian pada kelompok ayam tersebut telah berproduksi.
  2. Kemampuan berproduksi ayam ras petelur cukup tinggi yaitu antara 250-280 butir/tahun, dengan bobot telur antara 50-60 g/tahun.
  3. Kemampuan ayam ras petelur dalam memanfaatkan ransum pakan sangat baik dan berkolerasi positif. Konversi terhadap penggunaan ransum cukup bagus, yaitu setiap 2,2-2,5 kg ransum dapat menghasilkan 1 kg telur.
  4. Periode ayam ras petelur  lebih panjang, bisa berlangsung selama 13-14 bulan, atau hingga ayam berumur 19-20 bulan. Walaupun ayam ras hanya mengalami 1 periode bertelur , akan tetapi periode bertelurnya berlangsung sangat panjang dan produktif. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya periode mengeram pada ayam ras tersebut.
2. Kelemahan Ayam Ras Petelur
 
 
  1. Ayam ras petelur sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Kemampuan adaptasi lingkungan lebih rendah daripada ayam kampung. Ayam ras petelur lebih mudah mengalami stress .
  2. Tuntutan hidup ayam ras petelur tinggi, yaitu selalu menuntut pakan dalam jumlah dan kualitas yang tinggi, air minum yang cukup, dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada peternak. Sehingga dengan demikian, ayam ras petelur tidak cocok bila diternakkan secara ekstensif.
  3. Memiliki sifat kanibalisme yang lebih tinggi daripada yam kampung.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat