Kenali Jenis Ayam Kapas

HC Farm > Blog > artikel > Kenali Jenis Ayam Kapas

Kenali Jenis Ayam Kapas

Kenali Jenis Ayam Kapas – Dari namanya “ayam kapas”, tentu orang – orang akan langsung pada ciri khas ayam yang lembut seperti kapas. Jenis ayam ini memiliki bulu yang halus dan lembut seperti kapas. Namun, ayam ini ternyaata belum begitu populer di kalangan masyarakat, karena harga jual dari ayam kapas ini lumayan tinggi, dibanding dengan ayam – ayam yang lainnya. Ayam kapas merupakan ayam yang berasal dari Negeri Sakura atau Jepang.

Ciri – Ciri Ayam Kapas

 1. Ciri Khusus

Ayam bulu kapas termasuk ayam hias yang unik dan menarik, Ayam ini mempunyai bulu putih lembut menyerupai kapas dan tumbuh dari ujung pangkal kaki hingga kepala dengan jambulnya yang khas ini. Ayam ini memiliki bulu yang berbeda dengan ayam pada umumnya, bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra. Keunikan ayam ini juga jarinya yang berjumlah lima sementara ayam biasa berjari empat di samping itu juga kaki ayam kapas ada yang berbulu ada juga yang tidak berbulu. Dengan kelebihan di sisi produksi telur cukup tinggi, ayam ini mudah beradaptasi dengan lingkungan, cukup tahan terhadap penyakit, temperamen agresif serta tidak pemilih dalam kawin alami. Ayam kapas memiliki performans warna bulu seragam putih, performans badan kecil, lincah, gesit, mungil, dan cantik, konsumsi pakan relatif yaitu 80 -90 gram. 

Ayam kapas memeiliki sisi kelebihan yaitu :

  • Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi
  • Tahan terhadap berbagai penyakit
  • Warna bulunya putih bersih seperti kapas
  • Memiliki jambul dikepalanya
  • Konsumsi pakan relatif sedikit berkisar antara 80 – 90 gram
  • Daya tetas telur ayam kapas sangat baik

2. Warna Bulu

Warna bulu ayam kapas yang paling terkenal adalah putih selain itu ada juga warna coklat merah dan hitam. Ayam yang berwarna hitam ini mempunyai daging dan tulang yang berwarna hitam. Warna ini diperoleh dari hasil persilangan berbagai warna menghasilkan warna ayam kapas bermacam-macam seperti abu-abu, biru, blorok, partridge, burik, dan lain-lain.

Ayam Kapas Usia 3 Bulan

3. Bentuk Jengger

Ayam ini mempunyai jengger seperti bunga mawar, jenggernya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru.

"<yoastmark

4. Produktivitas 

Ayam ini mempunyai berat telur sebesar 26 – 40 gram (warna telur putih), berat telur tetas (rata-rata) sebesar 32,9 gram, produksi telur semi intensif sebanyak 164 butir/tahun, produksi per tahun sebesar 45 % semi intensif, umur bertelur petama pada umur 22 minggu dan berat telur pertama sebesar 0,9 kg.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat