Kesalahan Mengganti Pakan Ternak

HC Farm > Blog > artikel > Kesalahan Mengganti Pakan Ternak

KESALAHAN MENGGANTI PAKAN TERNAK

Ternak Ayam Petelur – Jika anda seorang peternak unggas,tentu sudah tahu apa saja kendala yang sering dialami ketika beternak. Tujuan beternak adalah untuk menghasilkan telur, baik itu ternak bebek petelur, ternak ayam petelur, ataupun ternak puyuh petelur. Pada Saat hewan ternak sudah mulai produksi telur, terkadang kita berkeinginan untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Namun, anda tentu akan megalami kendala pada ternak. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti pakan ternak tersebut.

Kondisi yang diperbolehkan untuk mengganti konsentrat (pakan)

Sebenarnya ada beberapa kondisi atau alasan yang diperbolehkan untuk mengganti pakan/konsentrat, misalnya seperti berikut:

1. Saat produksi telur menurun

Waktu yang tepat untuk mengganti konsentrat adalah apabila hewan ternak sedang mengalami penurunan produksi telur, jadi anda bisa menggantinya dengan pakan yang lebih berkualitas agar produksi telurnya kembali stabil.

2. Saat hewan ternak sakit

Waktu lain yang tepat untuk mengganti pakan yaitu apabila hewan ternak sedang mengalami sakit, karena kemungkinan ada ketidak cocokan dengan pakan yang anda berikan, sehingga anda bisa menggantinya dengan pakan yang lebih bagus.

3. Saat hewan ternak moulting/ganti bulu

Saat hewan ternak sedang moulting tentu tidak sedang produksi telur, jadi pada kesempatan tersebut juga diperbolehkan jika anda ingin mengganti pakan merek lama dengan pakan yang baru.

4. Saat pergantiaan kandang/perjalanan jauh

Pada saat pergantian kandang atau perjalanan jauh, biasanya hewan ternak akan mengalami depresi, jadi anda juga bisa mengganti atau merubah ransum pakan, karena disaat tersebut hewan ternak akan beradaptasi dengan kondisi atau perubahan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat