Ketahui Ciri – Ciri Ayam Pilek

HC Farm > Blog > artikel > Ketahui Ciri – Ciri Ayam Pilek

Ketahui Ciri – Ciri Ayam Pilek

Ketahui Ciri – Ciri Ayam Pilek – Tidak hanya manusia saja yang bisa sakit. Hewan pun juga bisa mengalami sakit. Salah satunya adalah yang dialami oleh ayam, seringkali hewan ini mengalami sakit pilek atau pileren dalam istilah bahas jawa.

Untuk penyebabnya sendiri biasanya hampir sama dengan halnya kita manusia jika pilek yaitu pengaruh dari iklim yang cenderung tidak menentu dan lembab  ,udara yang lembab , tempat yang kurang bersih . Gangguan/ penyakit pernafasan ini sering sekali terjadi pada ayam broiler, terutama untuk ayam yang dipelihara di kandang.

Dikarenakan Ayam broiler secara genetiknya  mempunyai kemampuan  lebih yaitu tumbuh lebih cepat dibanding ayam type lain.  Akan tetapi pertumbuhan bagian luarnya tidak di barengi dengan pertumbuhan organ vital dalam ayam yaitu jantung dan paru-parunya. Sehingga kedua organ ini sangat rentan terhadap gangguan baik dari dalam maupun luar.

Selain faktor-faktor  tadi , ayam pilek juga terkadang disebabkan oleh pemberian vaksin ND/IB live yang aplikasinya lewat tetes mata, hidung ataupun spray, perubahan cuaca, perlakuan ayam yang berlebih, dan adanya agen pemicu virus ND, IB baik dari lapangan ataupun virus vaksin akan meningkatkan keparahan gangguan saluran pernafasan.

Adapun gejala yang timbul pada ayam yang terserang pilek  antara lain:

  • Mata dan atau hidung ayam mengeluarkan cairan kental berwarna kuning dan memiliki bau.
  • Ayam seperti terlihat mengantuk, sayapnya turun dan menggantung.
  • Adanya pembengkakan yang terlihat di sekitar sinus infra orbita.
  • Nafsu makan yang berkurang secara perlahan yang mengakibatkan pertumbuhannya terhambat.
  • Ayam mengorok/mendengkur dan seperti kesulitan bernafas.
TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat