Ketahui Penularan Penyakit Cacingan Pada Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Ketahui Penularan Penyakit Cacingan Pada Ayam

Ketahui Penularan Penyakit Cacingan Pada Ayam

Ketahui Penularan Penyakit Cacingan Pada Ayam – Penyakit cacingan akan menyerang pada hewan ternak apa saja. Termasuk dengan ayam, penyakit yang menyerang ayam biasanya adalah cacingan. Penyakit ini dapat menular pada hewan ternak dengan cepat. Nah, bagaimana penularan cacingan paada ayam?

1. Kebersihan kandang yang kurang terjaga

Kandang yang lembab dan kotor adalah tempat favorite bagi segala penyakit baik itu virus atau bakteri, dan tak menampik kemungkinan juga cacing. Sebab jika ada ayam yang terserang cacingan, lalu telur cacing keluar bersama kotoran ayam, dan apabila kandang jarang dibersihkan, kemungkinan telur cacing dapat termakan oleh ayam yang sehat dan kemudian telur cacing menetas dan berkembang biak dalam tubuh ayam.

2. Melalui makanan

Penularan cacing melalui makanan ini sangat rawan terjadi pada peternak yang menggunakan pakan oplosan apabila pakan tidak dimasak atau di sterilisasi terlebih dahulu, yaitu seperti dedak atau jagung.Karena biasanya dari situ ada bibit-bibit penyakit termasuk cacing yang apabila diberikan pada ayam, kemudian bibit-bibit cacing tersebut bersarang diusus dan berkembangbiak.

3. Ayam makan kecoa

Kecoa liar biasanya dalam tubuhnya terdapat banyak sekali bibit-bibit cacing yang apabila dimakan oleh ayam, maka besar kemungkinan ayam dapat terserang cacingan, jadi sebaiknya jaga kebersihan kandang agar terhindar dari kecoa.

4. Ayam makan bangkai

Bangkai juga merupakan salah satu tempat favorite penyakit termasuk cacing yang apabila dimakan oleh ayam, dapat menyebabkan cacingan, apalagi jika bangkai tersebut adalah bangkai yang memang terjangkit penyakit cacingan.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat