Memelihara Anak Ayam Berusia Kurang dari Dua Bulan

HC Farm > Blog > pusat telur ayam > Memelihara Anak Ayam Berusia Kurang dari Dua Bulan

Di artikel sebelumnya sudah kita bahas bagaimana cara membeli anak ayam. Nah bagi Anda, sudah tahukah bagaimana cara memelihara ayam yang baik dan benar? Tahukah Anda, cara memelihara anak ayam terdapat cara tersendiri sesuai umur anak ayam loh. Bagaimana caranya, simak ulasan kami berikut ini.

Pastikan mereka mendapat makanan dan minuman yang mencukupi. Pada umumnya, anak-anak ayam tersebut akan memakan makanan yang disebut “pur atau sentrat” yang tersedia di toko peralatan ternak atau outlet pemeliharaan hewan. Makanan ini diformulasikan khusus sesuai kebutuhan pangan ayam, ada yang disertai dengan kandungan obat dan ada pula yang tidak. Jika Anda memilih untuk menggunakan sentrat yang tidak terdapat kandungan obat didalamnya, hal yang harus diingat ialah untuk lebih menjaga kebersihan kandang. Anda tidak memerlukan makanan yang lain karena pur merupakan makanan bernutrisi lengkap untuk ayam peliharaan Anda. Ketersediaan air minum yang bersih tidak boleh terlewatkan guna menjaga ayam dari dehidrasi dan menjaganya tetap segar. Anda harus mengganti air sekali atau dua kali sehari untuk mencegah air minum terkontaminasi.

  • Terdapat air minum khusus yang dijual di toko peternakan. Air minum yang light-weight ini memiliki harga yang murah dan tidak membuat anak ayam tersedak. Anda bisa menggunakan mangkuk kecil dengan permukaan dangkal untuk memberi minum ayam. Tetapi, Anda harus selalu mengisinya agar ayam tidak kekurangan air dan menjaga kebersihan air dari kotoran ayam.
Awasi suhu kandang dengan seksama dan letakkan lampu di dalam brooder untuk menjaga anak ayam tetap hangat. Gunakan lampu pijar yang terang dengan pemantul cahaya yang dapat Anda beli di toko terdekat. Biasanya, lampu yang bertegangan 100 watt sudah bisa digunakan untuk menjaga ayam tetap hangat, tetapi sebagian orang memilih untuk menggunakan lampu pemanas. Letakan pula termometer di dalam brooder sehingga Anda dapat mengawasi suhunya dengan baik. Untuk minggu pertama Anda dapat mengatur suhu pada 32°-37° Celsius, setelah itu Anda dapat mengurangi 5 derajat per minggunya hingga anak ayam memiliki bulu yang baik dengan usia sekitar 5-8 minggu.

  • Cara lain untuk mengetahui kondisi brooder cukup hangat atau tidak ialah dengan memperhatikan perilaku anak ayam. Jika mereka berkumpul di salah satu sudut terjauh dari lampu dengan bersuara riuh, menandakan bahwa suhu ruangan terlalu panas. Namun sebaliknya, jika mereka berkumpul di bawah lampu, hal ini menandakan bahwa suhu ruangan terlalu dingin.

Anda dapat mengatur suhu ruangan dengan mengubah jarak lampu atau tegangan dari lampu tersebut sampai suhu menjadi normal untuk menghangatkan anak ayam.

Siapkan lampu dan brooder (kandang kecil untuk awal pemeliharaan ayam). Biasanya brooder dapat dibuat dari sebuah kotak kardus maupun dari kotak berbahan plastik. Kandang kelinci atau marmot dapat menjadi pilihan lain untuk digunakan sebagai kandang dan mudah dibersihkan. Anda dapat membeli brooder ini di toko peralatan ternak atau Anda dapat membuatnya sendiri.

  • Brooder dapat ditempatkan di dalam ruangan atau di garasi Anda, hal terpenting ialah menjaga anak ayam tetap hangat, sehingga Anda harus pastikan bahwa ruangan yang digunakan untuk menempatkan brooder adalah tempat yang bebas dari angin.
  • Ukuran untuk brooder sendiri pun tidak terlalu dipermasalahkan. Buatlah ukuran sesuai dengan keinginan selama ruangan memadai untuk ditempati anak ayam dan ada cukup ruang untuk tempat makan beserta minumnya.
Gunakan alas yang tepat. Untuk mengalasi brooder dapat menggunakan alas yang bersih yang terbuat dari serbuk kayu cemara atau dari bahan lain yang serupa. Kertas koran juga dapat digunakan, namun hal ini bukan merupakan pilihan yang terbaik karena koran memiliki permukaannya yang licin. Selain itu, tinta yang terdapat di koran sering menempel pada anak ayam. Alas yang digunakan pada brooder harus diganti beberapa hari sekali dan jangan biarkan alas tersebut lembab atau basah saat digunakan.

  • Kebersihan merupakan hal yang terpenting dalam pertumbuhan anak ayam karena mereka sangat rentan terhadap penyakit. Hal tersebut dapat dihindari dengan menjaga kebersihan dengan tepat.
Jika anak ayam dapat tergores oleh makanan secara tidak sengaja, penempatan makan pada satu tempat akan sangat membantu uuntuk menghindari hal tersebut. Anda bisa menggunakan tempat makanan khusus yang terbuat dari galvanized steel yang tersedia di toko alat ternak. Jika tidak, mangkuk kecil dengan permukaan dangkal pun sudah memadai digunakan.
Luangkan waktu untuk bermain dengan anak ayam. Pada umumnya, anak ayam yang masih kecil sangat senang bermain dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sangat penting untuk Anda meluangkan waktu bersama mereka dengan sering mengajaknya berinteraksi dan merawatnya secara teratur. Hal ini akan membuat mereka belajar untuk menyayangi dan mempercayai Anda. Setelah satu atau dua minggu, ajaklah mereka sebentar untuk bermain di luar. Pastikan ketika cuaca sedang hangat dan awasi kehadiran hewan pemangsa termasuk kucing.

  • Meskipun anak ayam Anda telah mendapat semua nutrisi dari makanannya, sangatlah menyenangkan jika Anda mencoba sesuatu yang berbeda. Setelah satu atau dua minggu, Anda bisa memberi mereka makan satu atau dua ekor cacing dan serangga di halaman ketika sedang bermain. Namun, mereka belum diperbolehkan memakan tumbuh-tumbuhan. Hal ini dapat menyebabkan gejala diare yang berbahaya bagi anak ayam. Anda juga harus membersihkan bagian pantat anak ayam, karena kotoran mereka sering mengering dan menyebabkan infeksi di bagian tersebut. Gunakan lap yang dibasahi air hangat untuk membersihkannya.
  • Ketika anak ayam telah berumur 1 bulan, Anda bisa memasang tenggeran rendah di dalam brooder. Tenggeran ini akan digunakan untuk bertengger atau bahkan bisa membuat mereka tidur disana. Hal terpenting ialah jangan meletakkan tenggeran tersebut langsung di bawah lampu karena akan membuat anak ayam merasa panas.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat