Mengatasi Luka Pada Ayam

HC Farm > Blog > artikel > Mengatasi Luka Pada Ayam

Mengatasi Luka Pada Ayam

Mengatasi Luka Pada Ayam – Seringkali ayam aduan mengalami luka dalam atau luar, bengkak, sobek, atau mengalami lemah lesu pada ayam. Agar ayam terlihat sehat kembali. berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

Luka Luar Dan Dalam Pada Ayam Aduan

Luka Luar

Untuk mengobati luka pada ayam anda bisa gunakan obat dari dedaunan seperti daun pegagan, lidah buaya, cocor bebek, senduduk dan lain-lain. Jika disekitar area arena ada terdapat daun-daun tersebut anda bisa gunakan untuk ayam anda.

  • Pegagan dan Senduduk, bisa dihaluskan dan dioleskan pada luka.
  • Cocor Bebek dan Lidah Buaya, anda bisa menumbuknya dan tambahkan sedikit air kemudian oleskan. Untuk Lidah Buaya banyak manfaatnya dan memiliki zat untuk mencegah infeksi. dan digunaka oleh orang-orang untuk merangsang kolagen kulit manusia.
  • Babadotan = merupakan yang terdapat di sekitara kita. biasanya dianggap liar oleh masyarakat. padahal yang dikatakan rumput liat adalah obat. Babadotan ini juga merupakan obat maag dan tipes pada manusia.jadi tidak ada keraguan lagi untuk mengobati ayam.

Luka Dalam

Ayam yang terkena taji tumpul akan membuat luka dalam pada ayam. Untuk mengobati luka dalam cukup menyiapkan Kencur. Bisa dibeli atau ambil dari dapur kemudian kencur diparutkan sesuai yang dibutuhkan. Setelah itu campurkan dengan minyak telon dan gosokkan pada luka terkena pukulan. Cara ini yang biasa digunakan untuk mengobati luka memar pada ayam dan air dari kencur juga sangat bagus untuk diminumkan kepada ayam. Sebab air kencur ini dapat mencuci darah kotor membuat ayam yang lesu-lesu kembali prima.

Untuk mengobati lesu, kurang bertenaga, dan sering ngorok pada ayam, anda bisa menyiapkan bahan-bahan untuk meracik sendiri jamu untuk ayam seperti :

  • Jahe
  • Kunyit
  • Kencur
  • Lempuyang

Bahan-bahannya yang sudah disiapkan dapat diparut kemudia peras dan kita beri minum pada ayam. Setelah menjadi ampas kita dapat berikan pada ayam dengan mencampurkan pada pakan ayam.

Demikianlah cara mengobati luka luar dan dalam pada ayam aduan. Semoga cara ini sangat bermanfaat untuk pencinta sabung ayam.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat