Merawat Bulu Ayam Bangkok

HC Farm > Blog > artikel > Merawat Bulu Ayam Bangkok

Merawat Bulu Ayam Bangkok

Ayam Aduan – Memiliki ayam juga harus tahu bagaimana cara merawatnya, terutama bagi ayam yang sering dijadikan sebagai aduan. Ayam harus selalu dirawat degan baik, dan terjaga kondisi tubuhnya. Penyakit ayam pun bisa menular kapan saja. Sebagai ayam aduan, pengadu ayam lebih sering menggunakan ayam bangkok. Berikut cara perawatan ayam bangkok.

Jika Bulu Ayam Aduan Patah

Apabila bulu ayam aduan patah, maka merawat bulu ayam ini bisa dengan cara disambung ataupun dengan cara ditusuk pada pangkal, atau bisa juga disambung tempel. Merawat bulu ayam aduan dirasa perlu supaya pesona dan kharisma ayam petarung tetap terjaga. Bahkan ada anggapan bahwa bulu ayam aduan istimewa bisa menunjuk kan kualitas ayam tersebut.
 

Gunakan Kemin Untuk Merawat Bulu Ayam

Kemin digunakan supaya warna bulu ayam petarung terlihat kemilau dan juga berwarna kekuningan. Banyak sekali manfaat dan juga kegunaan kemin untuk bulu ayam aduan, selain akan memperlihatkan warna keindahan bulunya, disamping itu penggunaan Kemin juga bisa untuk menebalkan kulit ayam aduan serta mampu melancarkan udara di sekitar bulu halusnya. Oleh karena nya menggunakan kemin ini, dapat kita aplikasikan dengan cara mencampurkan dengan Kapur sirih dengan takaran atau dosis Sama. Yang mungkin perlu untuk kita ketahui bersama, bulu halus ayam aduan fungsinya sebagai alat pengatur suhu. Kalau malam bisa untuk menahan dingin, namun kalau siang keadaan panas, bulu – bulu halus pada ayam bisa berguna sebagai alat pendingin suhu tubuh.

Mempercepat Ayam Aduan/ Ayam Petarung Turun Bulu

Cara mempercepat prosesnya yaitu dengan memberikan udang mentah sekitar 1 sampai 2 ons. Untuk Pakan utama yaitu jagung, selama dalam proses pelepasan bulu sebaiknya ayam tersebut tidak boleh terkena air, karena jika terkena air akan mengencangkan bulu. Untuk memperkuat bulu ayam aduan tersebut sebaiknya diberikan minyak jangkrik dan ikan. Zat-zat yang terkandung atau yang terdapat dalam minyak ikan dan juga jangkrik bisa bilang hampir sama dengan kelenjar minyak yg terdapat di pangkal ekor ayam. Apabila sayap ayam aduan peliharaan kita sering patah maka berikanlah minyak ikan dan jangkrik. Banyaknya yang bisa diberikan yaitu setiap hari berikan 5 ekor jangkrik pada waktu pagi dan sore hari, sedangkan untuk minyak ikan 1 minggu 2 kali masing-masing 2 butir. Untuk cepat atau tidaknya pertumbuhan bulu pada ayam ini tergantung dari pada kesuburan ayam aduan itu sendiri. Pastikan semua bulu ayam aduan ini lengkap sebelum mulai bertarung, yang paling utama bulu bagian sayap. Sedangkan untuk menjaga mental setelah ayam selesai turun bulu sebaiknya ayam di abar dengan ayam yang lebih muda, cukup 5 sampai 7 menit saja.
 

Memotong dan Mencabut Bulu Ayam Aduan/Ayam Petarung

Pemotongan bulu ayam aduan dilakukan pada saat ayam masih berusia sekitar 3 minggu. Kenapa perlu dilakukan pemotongan bulu ?? Pertumbuhan bulu ayam aduan yang panjang dan lebat biasanya akan membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi dan energi. Oleh karena nya, pemotongan bulu ayam fungsinya untuk mengefisienkan pertumbuhan ayam aduan hingga mencapai masanya untuk diadu atau dikawinkan. Belum cukup sampai umur 3 minggu, pada umur 2 bulan cabutlah semua bulu pada punggung ayam aduan tersebut, sehingga energi dan juga asupan nutrisi tidak diambil oleh pertumbuhan bulu ayam tersebut.
TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat