Penyebab Ayam Botak

HC Farm > Blog > artikel > Penyebab Ayam Botak

Penyebab Ayam Botak

Penyebab Ayam BotakPENYEBAB AYAM BOTAK

Ayam Petelur – Pernahkah Anda menemukan ayam Anda mengalami kebotakan? Sudah tahukah Anda apa penyebab dari kebotakan ayam ini? Ayam mengalami botak ini terjadi karena beberapa faktor, yaitu faktor pertumbuhan dan faktor pemeliharaan. Yuk langsung saja agar lebih jelas kita simak ulasan berikut ini.

Faktor Ayam Mengalami Botak

Ada 2 faktor yang mempengaruhi kebotakan pada ayam peliharaan kita, berikut penjelasannya :

1. Faktor Pertumbuhan

Ini biasa terjadi pada ayam yang diberi makanan yang berkadar protein rendah, bulu ayam mengandung sesuatu sub-unit protein yang dinamakan “methionine” yang berkadar tinggi. Methionine dapat diperoleh pada amino acid yang mengandung sulfur, karena sulfur adalah unsur yang utama dari bulu, ayam memerlukan makanan dengan kadar Methionine dalam jumlah yang cukup, apabila kadar Methionine dalam asupan makanan tidak mencukupi maka pertumbuhan badan dan bulu ayam kurang optimal.
 
Seekor ayam yang kekurangan methionine cenderung memakan bulu yang rontok dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan akan amino acid, hal ini akan memacu seekor ayam memiliki sifat kanibalisme terhadap ayam lain, biasanya ayam akan mematuk bulu ayam lain di bagian kepala, ekor, punggung dan siku sayapnya.
 
Dalam proses pembuatan makanan ternak pada pabrik pakan ayam, telah dicampurkan beberapa bahan yang mengandung methionine dalam jumlah tertentu, hal ini dilakukan agar ayam akan memakannya dalam jumlah yang cukup. Setiap pakan pabrikan yang berkualitas tinggi telah diatur sedemikian rupa sehingga mengandung methionine yang cukup untuk mencegah kurangnya pertumbuhan badan dan bulu.
 
Apabila ada makanan tambahan (seperti jagung dan dedak) dicampurkan pada makanan dari pabrik, maka jumlah kadar methionine yang dikonsumsi oleh ayam menjadi kurang untuk pertumbuhan badan dan bulu. Mencampurkan makanan tambahan pada makanan asli dari pabrik sedapat mungkin agar dihindarkan. Bila terpaksa juga dilakukan karena makanan tambahan harganya relatif lebih murah, maka sebaiknya dicampur dengan amino acid secukupnya.

2. Faktor Pemeliharaan

Kandang ayam harus senantiasa diperhatikan kebersihannya. Dan sesekali perhatikan fisiknya, apabila bulu ayamrontok pada bagian perut atau sekitar dubur, penyebabnya pada umumnya adalah adanya parasit seperti kutu. Semprotlah kandang ayam dan sekitarnya secara berkala dengan menggunakan pestisida seperti Permethin, jangka waktu penyemprotan antara dua atau tiga minggu sekali mampu membunuh parasit yang bersarang di kandang ayam, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah berjangkitnya kembali parasit tersebut.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat