Perawatan Ayam Umur 1 Bulan

HC Farm > Blog > artikel > Perawatan Ayam Umur 1 Bulan

Perawatan Ayam Umur 1 Bulan

Perawatan Ayam Umur 1 BulanPERAWATAN AYAM UMUR 1 BULAN

Ternak Ayam Petelur – Memelihara ayam merupaakan hal yang susah – susah gampang. Pasalnya, untuk perawatan sendiri membutuhkan makanan dan tempat yang khusus. Jika tidak maka ayam yang dipelihara akan terlihat jelek atau kurus. Terutama untuk anak ayam yang masih baru menetas, maka harus di berikan perawatan khusus, mulai dari makanan hingga kandangnya.  Untuk lebih detailnya simak cara – cara berikut :

  • Persediaan Bibit
Tidak ada makanan ataupun pemeliharaan yang dapat mengubah kwalitas anak ayam yang jelek menjadi ayam petelur yang baik. Oleh karena itu diusahakan untuk mendapatkan bibit (day-old chicks) yang baik dari induk yang berproduksi telur tinggi. Anak ayam yang sehat dapat diperoleh dari penetasan yang baik dan berasal telur-telur dari induk yang sehat.
ternak-ayam
  • Brooding (Pengeraman)

Pemeliharaan anak ayam sampai dengan 1 hari – 2 bulan, dapat diasuh oleh induknya (secara alami) atau dengan induk buatan (artificial brooding). Pemeliharaan secara alami, seekor induk dapat memelihara anak-anaknya sendiri atau anak-anak ayam lain induk.

Ayam kampung adalah paling baik untuk memelihara anak-anak yang dapat memelihara sampai 10 ekor dan tergantung kepada besarnya induk dan musimnya. Cara demikian hanya dapat memelihara sedikit. Untuk dapat memelihara dalam jumlah besar diperlukan induk yang banyak, untuk tujuan komersil cara ini tidak praktis. Apabila ingin memulai dengan jumlah yang besar dapat memakai induk buatan (artificial brooder).

Cara Pembuatan Pengeraman Anak Ayam

Temperatur

Temperatur dapat diatur sebagai berikut :

  • Umur anak ayam 0 – 1 minggu dengan temperatur 93 – 95” F (37 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 1 – 2 minggu dengan temperatur 88 – 90” F (35 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 2 – 3 minggu dengan temperatur 83 – 85” F (33 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 3 – 4 minggu dengan temperatur 78 – 80” F (32 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 4 – 5 minggu dengan temperatur 75” F
  • Umur anak ayam 5 – 6 minggu dengan temperatur 70” F

Diusahakan agar ayam dalam keadaan senang dalam setiap saat (tidak jenuh). Sebagai pemanas dapat berupa listrik, uap air panas gas. Umumnya dipakai sebuah kotak yang diberi pemanasan lampu listrik 40 watt atau 60 watt atau 75 watt, tergantung dari besar kecilnya ruangan brooder. Biasanya anak-anak ayam dapat mengatur sendiri, kalau kedinginan mereka akan berkumpul disekitar lampu, bila kepanasan mereka akan menyebar dan kelihatan megap-megap.

Keadaan panas yang sesuai bila anak-anak ayam tersebut rata dibawah lampu. Temperatur permulaan 95” F, kemudian tiap minggu diturunkan 5” F, setelah 1 bulan lampu dimatikan. Bila dingin diperpanjang sampai umur 2 bulan, baru lampu dimatikan.

Kapasitas Brooder
Dikirakan tiap 1 m2 untuk 15 ekor, yang pada pokoknya anak ayam bisa menyebar apabila kepanasan.

Alas Brooder
Alas sampah (= Litter) adalah lantai yang diberi serbuk kayu, sekam atau damen yang dicincang. Tinggi-litter permukaan cukup 10 cm yang nantinya dapat sampai 15 cm. makin dalam litter ini, tempat tersebut makin kering. Litter ini jangan diubah sampai dengan anak ayam dipindahkan ketempat lain. Tetapi selalu diperhatikan tetap kering dan bebas dari jamur.

Ventilasi Brooder
Udara adalah penting, oleh karena itu pengaturan ventilasi harus serasih. Ventilasi menolong agar supaya litter kering dan dapat menghindarkan amoniak dan CO 2. Diusahakan agar angin tidak langsung, tempat harus tertutup supaya tidak ada tikus yang masuk.

Pencahayaan Matahari
Untuk menghindarkan timbulnya penyakit rachitis maka tiap dua hari sekali anak-anak ayam dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

Perawatan

Setelah anak ayam datang, masukkanlah dengan segera kedalam brooder. Tempat makanan dan minuman diisi, perhatikan apakah anak-anak ayam mau makan dan minum. Bersihkanlah dan isilah selalu tempat minum setiap hari, perhatikan temperaturnya apakah anak-anak ayam kedinginan atau kepanasan. Diusahakan agar anak-anak ayam dalam keadaan senang dan jangan terlalu berdesak-desakan atau terlalu penuh.

Perhatikan anak-anak ayam apakah ada tanda-tanda berpenyakit coccidiosis (minggu ke 4 – 6), tanda-tandanya bulu lusuh/kasar, sayap menggantung, kotoran berdarah. Anak-anak ayam umur 6 minggu sudah berbulu penuh dan tidak memerlukan lagi pemanasan pada siang hari.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat