Simak Agar Telur Ayam Menetas Dengan Sempurna

HC Farm > Blog > artikel > Simak Agar Telur Ayam Menetas Dengan Sempurna

Simak Agar Telur Ayam Menetas Dengan Sempurna

Ayam Menetas – Menetaskan telur ayam merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan popuasi dan bibit unggu ayam. Peternak seringkali mengeluhkan jika telur ayam sering tidak menetas dengan sempurna. Ketahuilah beberapa syarat agar telur ayam menetas dengan sempurna.

  1. Rasio jantan betina

Kadang ada peternak yang memaksimalkan jumlah betina dalam satu kelompok ayam. Hal ini di karenakan ingin agar ayamnya memproduksi telur yang banyak namun hal ini akan berdampak kepada kualitas fertil telur yang di hasilkan. Idelanya menurut pengalaman kami rasio jantan-betina biasanya 1 ayam jantan dengan 3-5 ayam betina. Dalam 1 kali pembuahan ayam jantan akan bisa menghasilkan 6-8 telur yang ada bibitnya (telur fertil). Rasio ayam jantan dan ayam betina mempengaruhi ada tidaknya bibit yang dihasilkan.

  1. Pakan yang berkualitas

Pakan diperlukan diperlukan untuk menghasilkan bibit yang baik, bibit yang baik berasal dari suplai pakan yang berkualitas. Dalam hal ini perlu adanya kalkulasi antara biaya pakan dan penghitungan nilai jual ayam nanti. Karena sudah kita ketahui bersama kalau kita memberi pakan yang dengan kualitas yang bagus maka biaya perawatan serta pakan juga akan ikut naik.

  1. Pemilihan telur tetas yang baik

Pemilihan telur ayam sebelum di tetaskan dengan memilih telur ayam yang bersih (bebas dari kotoran). Selain telur ayam bersih kita juga perlu memperhatikan kondisi fisik telur yang tidak retak, bentuknya bulat oval dan berat sedang. Untuk menghasilkan berat tetes yang seragam maka berat telur yang akan ditetaskan juga harus sama.

  1. Optimalisasi penetasan dengan mesin tetas

Untuk menghasilkan bibit ayam yang berkualitas, seragam dan menetas dalam waktu yang sama maka diperlukan penetasan dengan mesin. Sebelum menggunakan mesin penetas kita perlu mempelajari cara menetaskan dengan mesin penetas telur. Mencoba dengan jumlah telur yang tidak terlalu banyak dulu akan bermanfaat saat telur gagal di tetaskan. Jam terbang atau pengalaman dalam menetaskan di perlukan karena kasusnya bisa berbeda pada setiap daerah mesin penetas berada.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat