Tips Mudah dan Praktis Membersihkan Kandang Ayam dengan Baik dan Benar

HC Farm > Blog > Cooking Tips > Tips Mudah dan Praktis Membersihkan Kandang Ayam dengan Baik dan Benar

Tips Mudah dan Praktis Membersihkan Kandang Ayam dengan Baik dan Benar
Ternak Ayam –  Kesehatan ayam juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan si pemelihara ayam. Kesehatan ayam ini dapat diciptakan salah satunya dengan tetap menjaga kesehatan kandang ayam agar tidak gampang terserang penyakit akibat kuman-kuman yang bersarang di dalam kandang ayam. Maka dari itu kita harus membersihkan kandang ayam dengan rutin. Nah, bagaimana cara membersihkan kandang ayam dengan baik dan benar?
cara-membersihkan-kandang-ayam
Ayam merupakan jenis unggas yang mudah terserang penyakit menular seperti tetelo, berak kapur, kolera dan cacar. Pencegahan dengan vaksinasi saja rasanya belum cukup tanpa dibarengi dengan sanitasi kandang.
Vaksinasi hanya bertujuan untuk memberi kekebalan pada ayam, bukan membasmi kuman sebagai sumber penyakit.
Untuk membunuh kuman, kandang harus dibersihkan dari hama secara teratur. Paling tidak satu tahun sekali. Larutan kimia yang bisa digunakan di antaranya, lisol, karbol, atau kreolin dengan perbandingan bahan aktif 10 sampai 30 cc dan 10 liter air.
Bisa juga menggunakan 10 gram kalium permanganat (KP) yang dilarutkan dalam 10 liter air. Cara yang lebih mudah adalah dengan cara menaburkan kapur tohor ke seluruh bangunan kandang.

Tips Membersihkan Kandang Ayam

  • Semprot langsung dengan desifektan dan insektisida setelah ayam keluar dan keluarkan semua peralatan dari kandang.
  • Buang dan bersihkan semua kotoran dari kandang.
  • Semprot seluruh bagian kandang termasuk atap, lantai, dinding, layer dan bagian lain dengan air sabun (deterjen), gunakan tekanan rendah.
  • Kerok dan sikat sampai bersih sisa kotoran ayam dari slat dan dari permukaan kandang lain ketika masih basah. Untuk membilas, semprot dengan air yang bertekanan tinggi atau gunakan air hangat.
  • Lakukan reparasi kandang dan perawatan lantai apabila dibutuhkan seperti pemberian garam dapur (NaCI) untuk membunuh cacing, kapur untuk membunuh coccidia, tawas untuk membunuh kutu.
  • Bersihkan gudang peralatan, gudang pakan dan fasilitas-fasilitas lain dalam area farm, sapu, sikat dan hilangkan sarang laba-laba. Untuk kandang yang menggunakan bin (tangki penyimpanan pakan), buang sisa pakan pada bin, dan bersihkan atau sikat bin.
  • Musnahkan hama tikus dan serangga.

TERNAK AYAM PETELUR – Kami bergerak di bidang pembesaran ayam petelur atau pullet dan pemasaran telur ayam. Dengan pelayanan yang baik selama pembesaran ayam untuk ayam petelur, kami telah berhasil membesarkan ayam petelur siap bertelur atau Pullet dengan sehat dan baik serta resiko kematian yang kecil dari keseluruhan populasi yang ada. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp : 0813 3493 1175| Email : contact@company.com / info@company.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat